Menikah! Apa yang Membuatmu Ragu?

Wahai pemuda!

Apa yang membuatmu enggan meminang seorang gadis?

Tak banyak alasan, selain ragu menyelimuti hati. Betul?

Betapa banyak wanita yang siap engkau pinang, lalu nikahi dengan baik.

Lalu apa yang membuatmu ragu?

Bila masalah biaya yang membuatmu ragu, dulu saya pernah merasakannya. Juga mengalami guncangannya. Blm berani menikah karen khawatir soal nafkah. Terbayanglah seorang tukang sol sepatu berkeliling kampung. “Sol sepatu! Sol sepatu!” teriaknya saat melewati beberapa rumah warga.

Dengan harap-harap cemas ia melangkahkan kaki, akankah ada yang akan mengesol sepatunya? Tapi harapan itu selalu ada. Kakinya diayun dengan optimis. Setapak demi setapak kakinya menginjak bumi. Selangkah demi selangkah jarak terjejaki.

Dari sekian rumah yang disambangi dan banyak kampung yang dilewati, hanya satu atau dua orang yang menggunakan jasanya. Itu pun dengan harga yang tak seperapa. Lebih banyak lagi yang menolak jasanya. Sementara lelah, peluh & keringat menetas iba.

Memang begitulah kenyataannya, karena tidak semua orang sepatunya mau disol. Sepatu yang sudah dibeli, tentu tidak setiap hari di sol, apalagi rutin setiap minggu atau bulan. Dan tentunya tidak setiap orang memiliki sepatu. Tapi ia demikian optimis dengan usahanya.

Mari bayangkan sejenak, tukan sol itu punya anak dan istri yang harus dibiayai. Punya tanggungjawab keluarga untuk dinafkahi. Selain untuk keperluan hidup sehari-hari seperti makan dan minum, anak-anaknya pun harus sekolah. Miris bukan?

Mari bertanya pada diri sendiri, cukupkan uang jasa sol sepantunya untuk hidup?

Jawabannya cukup. Bahkan lebih dari cukup. Hitungan rizki dari Allah tidak selalu satu tambah satu sama dengan dua. Allah yang menjamin rizkinya. Kita hanya berusaha melalui doa, ikhtiar dan tawakal.

Bila tukang sol sepatu saja berani menikah, mengapa engakau tidak?

Lihat siapa dirimu, bekerja lebih mapan dari sekedar tokan sol, pendidikan lebih tinggi daripada tokang sol yang hanya lulus SD saja, keluarga mendukung, dan calonnya sudah ada. Lantas apa lagi yang membuatmu ragu?

Wallahu’alam

Salam, Jauhar Al-Zanki100_1823

Iklan

One thought on “Menikah! Apa yang Membuatmu Ragu?

  1. Terkadang tiap orang berbeda pola pikir dan pemahaman, ada beberapa yang membuatnya terganggu bila menikah tidak ada ini itu, semoga orang yang seperti itu diberikan keridhoan untuk berpikir dan memahami. Bukankah semuanya Allah yang mengaturnya
    Salam kenal mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s