Adegan Unik…

Menakjubkan!
Seperti halnya laga Robin Hood. Atau piawai bak Jack Sparrow dalam Pirates of Caribbean. Dan secerdik Naga Bonar dalam aksinya. Kita terpana saat menyaksikan mereka dalam filmnya. Luar biasa. Membuat berdecak dan terkagum-kagum.

Ada benang merah yang terbentang dari tiga tokoh film ini, yakni mereka sama-sama pandai mengelabui orang lain. Mereka melakukan aksi mencuri dengan teknik tingkat tinggi. Sulit ditebak. Tak terduga. Dan canggih. Tapi ini fiksi, film, bukan kenyataan. Setiap gerak dan langkah mereka adalah rekayasa kamera. Bukan realita yang nyata.

Disepenggal episode perjalanan hidupku, ada hal yang serupa dengan aksi Robin Hood, Jack Saparrow dan Naga Bonar. Bedanya yang ini adalah realita yang jelas di depan mata. Bukan mimpi atau halusinasi, tapi ini benar-benar terjadi. Aksi nyata di depan mata.

Kontan saja buku Buried Alive berhenti saya baca. Bukan tidak lagi menarik menelusuri bacaan bergizi dari mulai sandal swalow, Rumi, Nietzche, Al Qaida hingga M.O.G.S.A.W. Bukan. Tapi saya terpana dengan sebuah kejadian.
Saat itu, di depan bus ada sebuah motor yang dinaiki oleh tiga orang lelaki, sementara di depannya ada sebuah truk angkutan barang yang sedang melaju. Begitu motor mendekat, dua orang lelaki yang boncengan di motor itu, secepat kilat naik ke atas truk. Lincah. Berani. Sekaligus nekat.

Saya terbelalak. Karena selama ini, mendapat cerita seperti ini hanya dari mulut, bacaan atau dari film saja. Tapi kali ini lain. Bukan dongeng atau cerita belaka. Tapi benar-benar nyata. Ah, tak menyangka bisa menyaksikan peristiwa langka.

Tak selang berapa lama, dari truk tersebut meluncur sebuah karung dan jatuh ke jalan. Bruk! Hal ini membuat mobil yang ada dibelakang truk kontan berhenti. Lalu disusul oleh karung yang kedua, ketiga dan keempat. Lantas dua lelaki itu, turun kembali dari truk yang mereka naiki tadi. Sementara mobil truk terus melaju seolah tak terjadi apa-apa. Entah sopirnya tidak tahu ada pencurian, atau mereka cuek bebek karena takut oleh aksi para pencuri itu. Entahlah..

Orang bilang, aksi seperti ini biasa dilakukan oleh satu gerombolan yang menamakan diri Bajing Luncat. Perampok kelas kakap yang ditakuti. Terbukti dari tidak bereaksi, diam dan berpangku tangan orang-orang yang ada di sekitar TKP (tempat kejadian perkara). Serius.

Peristiwa ini terjadi saat perjalanan study tour ke Anyer. Rombongan kami–SMAIT As Syifa–menaiki bus, semuanya 4 bus, dan saya ada di salah satu bus tersebut. Mata saya langsung bergerilia melihat alamat kejadian, tengok kiri dan kanan untuk memastikan ini ada di daerah mana. Lihat apa saja di pinggir jalan yang ada alamatnya. Itu dia.. Jl. Raya Anyer No 28 Cilegon Banten. Ya, di sekitar sinilah peristiwa ini terjadi.

Beruntung saya ada di bus yang didepannya tersaji adegan gila, nekat dan tanpa rasa dosa. Tentu di bus Anda juga ada cerita, yang menurut saya bisa menarik bila dikemas dengan seksama. Yang pasti, menyaksikan kejadian di atas membuat miris hati, betapa para pelakunya adalah anak-anak muda, yang menurut perkiraan saya baru belasan tahun usianya. Siapa yang salah?

Rasanya tak bijak bila melihat satu sisi saja. Banyak faktor yang menyebabkan semua ini terjadi. Ada banyak kalangan yang berperan dan turut andil. Ada aturan dan kebijakan yang harus bersinergi di sini. Biarlah ini menjadi Pe-eR kita bersama. Pe-eR yang musti diselesaikan dengan tegas dan tuntas. Juga bijak dan penuh perhitungan.

Begitulah Kawan! Ini realita yang ada di negeri kita tercinta. Indonesia. Beruntung kita ada dalam situasi nyaman, terkendali, tertata dalam lingkungan ilmu dan pendidikan. Bocah Bajing Luncat itu tak tahu saya pendidikannya. Bisa jadi mereka adalah golongan anak muda yang kecewa atas kebijakan negeri ini, kecewa karena kesempatan belajarnya terrenggut oleh sebagian orang yang tak bertanggungjawab, subsidi pendidikan yang dicubit sana dan sini, sehingga beginilah jadinya. Anak Indonesia jatuh dalam pangkuan mafia, gang, atau kelompok brutal seperti aksi anak muda tersebut.Siapa yang salah?

Salam dari saudaramu,

JAUHAR AL-ZANKI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s