Menulis. Susah atau Mudah?

Orang yang dikaruniai suara merdu, cocok jadi penyanyi. Orang yang dikaruniai badan tegap, cocok jadi tentara atau polisi. Orang yang berpostur tubuh atletis, lincah dan piawai, cocok jadi atlet. Itu pandangan umum yang kita temukan di masyarakat, dan memang begitulah objektivitas yang ada. Ini fakta dilapangan yang tak bisa dinafikkan, kenyataan.

Sementara untuk jadi penulis, tidak perlu harus memiliki suara merdu, berbadan tegap, atletis, lincah dan piawai. Tak perlu semua itu.

Setiap orang bisa jadi penulis. Peluangnya terbuka bagi siapa saja yang mau menggelutinya. Kesempatannya selalu ada, kapan dan dimana pun berada. Boleh. Bebas. Asal ada kemauan, gigih, dan ulet, pasti bisa jadi penulis.

Untuk jadi penulis tidak perlu harus bersuara merdu, atau harus berbadan tegap, otot baja, leher beton, urat kawat dan wajah asbes. Tidak. Tidak perlu semua itu. Tidak mesti harus memiliki gelar akademik atau titel kesarjanaan. Tidak harus lulusan D3, S1, S2 atau S3.

Lulusan SD pun boleh jadi penulis. Bahkan orang yang tidak sekolah sekali pun, boleh-boleh saja jadi penulis. Siapa yang melarang. Mana undang-undangnya? Mana dalil yang mengharamkannya? Tidak ada. Kalau mau jadi penulis, maka mulailah menulis. Insya Allah, bakal jadi penulis.

Menulis merupakan pekerjaan yang mulia. Selain boleh dikerjakan oleh siapa saja, juga menulis banyak manfaatnya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagus untuk pengembangan diri sendiri, serta untuk memberi pencerahan dan wawasan bagi orang lain. Dan yang tak kalah penting adalah untuk menyokong berdirinya peradaban dunia yang gemilang.

Lalu apa alasan untuk tidak menulis?

Ada yang menjawab, “Karena susah. Lagian, apa yang harus saya tulis?”

Wah, ini mah alasan klasik, Sobat! Kalau sejak pertama sudah ditamankan bahwa menulis itu susah, ya jadinya benar-benar susah. Tapi kalau berpikir bahwa menulis itu mudah, insya Allah bakalan jadi mudah. Serius. Yuk, mulai menulis. Bismillah…

 

 

Jauhar al Zanki

 

Ikuti inspirasi menulis setiap Senin Malam pukul 20.00-21.00 wib

di 96.6 El Shifa Radio FM..

Streaming via internet..

Iklan

One thought on “Menulis. Susah atau Mudah?

  1. Assalamu’alaikum..
    alhamdulillah dengan blog ini untuk menulis skarang serasa ada pembimbing, pemotivasi, dan pemberi inspirasi.
    syukron kang..

    keinginan ini kuat tapi tidak serta merta bersama tindakan yang maksimal, akhirnya semangat pun naik turun. naiknya bentar, turunnya lamaaaaa banget. ah payah ni saya hee..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s